6 Pengaruh TV Terhadap Tubuh dan Cara Mengatasinya

Istirahat setelah kegiatan seharian yang melelahkan memang paling enak sambil nonton televisi. Apalagi kalo ada acara faforit yang su... thumbnail 1 summary

Istirahat setelah kegiatan seharian yang melelahkan memang paling enak sambil nonton televisi. Apalagi kalo ada acara faforit yang sudah dinanti-nanti seperti drama Korea, Sinetron yang ga ada putusnya atau acra lain. Kita biasanya sudah stanby didepan tv sebelum acara tersebut dimulai dan kuat sampai berjam-jam berada didepan tv.
6 Pengaruh TV Terhadap Tubuh Kita dan Cara Mengatasinya

Misalnya Drama Korea atau Sinetron 20 episode, setiap episode 50 menit. Artinya setiap hari nonton tv 50 menit untuk satu acara televisi. Kalau setiap hari ada dua acara faforit, berarti tinggal dikalikan dua dan seterusnya.

Nah, Ternyata berlama-lama didepan tv dapat berpengaruh buruh terhadap tubuh. Menurut John P. Higgins, MD, profesor kardiologi di University of Texas Health Science Center di Houston. Menonton satu sesi acara televisi yang panjang akan menimbulkan efek secara langsung. Semakin sering melakukan hal tersebut maka semakin beresiko jangka panjang.

Berikut 6 Pengaruh TV Terhadap Tubuh dan Cara Mengatasinya 

1. Pola Makan
Menonton televisi sering berkaitan dengan camilan yang tidak sehat dan berlebihan. Kita cenderung makan makanan cepat saji ketimbang masak sendiri menu yang sehat. Camilan dan makanan cepat saji tidak terlepas dari kandungan lemak jenuh.Pada tahun 2012 penelitian dari University of Montreal menemukan bahwa makan satu lemak jenuh dapat merusak arteri dan membatasi aliran darah dalam tubuh. Kalau banyak makan camilan biasanya nafsu makan akan berkurang. Selain itu, menonton program yang menegangkan juga memicu kurangnya nafsu makan dibanding berita atau talk show, menurut sebuah penelitian 2014 di Cornell University.
Dengan melihat adegan makan di televisi dapat mensugesti kita untuk terus mengkonkumsi kalori,
Dr. Higgins menambahkan. 

Cara Mengatasi :
Membuat makanan sehat sebelum duduk didepan televisi
Siapkan camilan sehat 

2. Otot
Berlama-lama duduk atau menghabiskan waktu lama pantat menahan beban tubuh dapat mengakibatkan kekakuan, nyeri punggung, dan kram otot.

Cara Mengatasi :
Mengubah posisi duduk dan peregangan beberapa kali sekali.

3. Mod
Sebuah studi terbaru di University of Texas di Austin, peneliti menemukan bahwa pesta-menonton terkait dengan perasaan depresi dan kesepian. Orang sering larut diri dalam acara TV untuk mengalihkan dari perasaan negatif mereka, tetapi sering kali mereka tidak dapat berhenti-bahkan ketika mereka tahu bahwa mereka mengabaikan pekerjaan dan hubungan. Menghabiskan seluruh akhir pekan menonton TV juga dapat menyebabkan perasaan menyesal dan bersalah, kata psikiater Hibah Brenner, MD, asisten profesor klinis asisten di Rumah Sakit Mount Sinai di New York City, tetapi mereka biasanya bersifat sementara
Bagi penonton yang memiliki kesehatan mental yang kuat, juga dapat terpengaruh jika episode yang disuguhkannya lama. Hal tersebut memicu reaksi negatif-seperti mengaktifkan trauma atau memperkuat keyakinan irasional" kata Dr Brenner.

Cara Mengatasi :
Usahakan tidak menonton televisi sendirian, sehingga anda tidak terlalu dalam masuk dalam acara televisi

4. Tidur
Tidak hanya waktu tidur malam anda saja yang berkurang akibat menonton televisi terlalu lamaDr. Higgins mengatakan. "Jika Anda menonton di ruangan gelap dengan kurangnya sinar matahari dapat mengacaukan ritme sirkadian Anda dan mengganggu siklus tidur-bangun." Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa cahaya biru yang dipancarkan dari televisi, komputer, dan smartphone dapat mengganggu produksi melatonin, hormon yang membantu untuk tidur (Belum lagi, hal itu dapat menyebabkan sakit kepala dan ketegangan mata.)


Cara Mengatasi :
Hindari menonton dekat dengan waktu tidur  
hindari menonton tv tertalu dekat

5. Sirkulasi Darah
Tetap dalam satu posisi terlalu lama dapat berkontribusi untuk pembentukan bekuan darah yang berpotensi fatal, bahkan pada orang yang dinyatakan aktif. "Saya telah melihat orang-orang muda sehat yang diam sepanjang hari berselancar di web atau menonton film mereka menderita pembekuan darah," kata Dr Higgins. "Ketika Anda menonton TV, Anda mungkin menggerakkan tangan Anda sedikit tetapi biasanya kaki Anda hanya berbaring."

Cara Mengatasi

Bangun setidaknya setiap 30 menit
"Ini alasan penting lain untuk bangun setiap 30 menit atau lebih, bahkan jika itu hanya untuk berdiri dan pompa betis dan membuat darah mengalir," kata Dr Higgins.


6. Metabolisme
Studi menunjukkan bahwa menghabiskan waktu yang lama di kursi atau di sofa melakukan metabolisme yang lambat dapat menyebabkan tubuh menyimpan lemak lebih banyak, yang dapat menyebabkan lambat bergerak, berat badan terus bertambah. Dan,  duduk berkepanjangan telah dikaitkan dengan kanker tertentu, diabetes, cacat, dan penyakit-dan jantung. Lebih banyak orang menghabiskan waktu menonton TV, semakin besar kemungkinan mereka untuk mati sebelum waktunya. Dalam banyak kasus, hubungan ini berlaku bahkan jika Anda mendapatkan jumlah yang disarankan latihan siang hari.

Cara Mengatasi :
Hindari acara-acara yang berkelanjutan, karena biasanya acara-acara seperti itu akan terus membuat penasaran para penonton.


Kesimpulan :
Menurut Dr. Higgins :" Lebih baik menonton 5 episode dalam satu malam dalam satu minggu dari pada menonton 1 episode setiap malam"

No comments

Post a Comment