Manfaat Purwoceng Untuk Kesehatan

Purwoceng  - dengan nama ilmiah  Pimpinella alpina KDS. Di daerah jawa disebut purwoceng , gebangan depok, rumput dempo, suripandak abang; s... thumbnail 1 summary
Purwoceng - dengan nama ilmiah Pimpinella alpina KDS. Di daerah jawa disebut purwoceng, gebangan depok, rumput dempo, suripandak abang; sedangkan orang sunda menyebutnya gumung.

Dapat diperbanyak menggunakan bijinya, tanaman ini memerlukan tempat sedikit terlindung dengan ketinggian 1500 m  diatas permukaan laut.

Manfaat Purwoceng Untuk Kesehatan
Tanaman Purwoceng

Apa saja kandungan kimia pada tanaman purwoceng?

Diantaranya alkaloid, flavonoia, dan polifenol yang terdiri dari limonena, anisketone, asam kafeat, dianethole, eugenol, g-himakhalena, hydroquinone, imperatorin, isoorientin, mysristicin, phellandrene, pristane, proazulene, seselin, squalene, dan stigmaterol.

Efek farmaakologis Purwoceng

Sebagai diuretik dan obat lemah syahwat

Cara memanfaatkan Purwoceng untuk kesehatan

Daun dan akar purwoceng dapat digunakan untuk mengobati lemah syahwat dan susah kencing. Adapun pembuatan ramuannya yaitu dengan mencuci bersih 5 g daun purwoceng, dikeringkan, lalu tumbuk sampai halus. Seduh serbuk purwoceng dengan 1 gelas air panas. setelah dingin, saring air seduhannya lalu diminum tiga kali sehari.

No comments

Post a Comment